Indeks Tendensi Konsumen Daerah Istimewa Yogyakarta Triwulan Ii Tahun 2014 Sebesar 114,56 - Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta

** Kunjungi PST BPS Kota Yogyakarta untuk mendapatkan data-data BPS. Dapat pula akses melalui website http://jogjakota.bps.go.id **

** Jam Layanan : Senin - Kamis pukul 08.00 - 15.00, Jumat pukul 08.00 - 15.30 **

** Pernah berkunjung ke PST BPS Kota Yogyakarta? Atau pernah akses data BPS melalui website? Ayo berpartisipasi dalam SURVEI KEBUTUHAN DATA 2024. Kunjungi http://s.bps.go.id/SKD3471.  Jawaban Anda membantu meningkatkan kualitas pelayanan kami. **

Indeks Tendensi Konsumen Daerah Istimewa Yogyakarta Triwulan Ii Tahun 2014 Sebesar 114,56

Tanggal Rilis : 5 Agustus 2014
Ukuran File : 0.14 MB

Abstraksi

 A. Penjelasan Umum
               Indeks Tendensi Konsumen (ITK) adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan oleh Badan Pusat Statistik melalui Survei Tendensi Konsumen (STK) yang dilakukan secara berkala setiap triwulan.
ITK merupakan indeks yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang.
           Sebelum Triwulan I-2012, BPS melaksanakan kegiatan STK di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan jumlah sampel sebanyak 330 rumah tangga (secara nasional sebanyak 10.865 rumah tangga). Mulai Triwulan I-2012 sampai sekarang, sampel STK di DIY diperluas menjadi 400 rumah tangga (secara nasional sebanyak 14.232 rumah tangga). Pelaksanaan STK dilakukan secara terintegrasi dengan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), sehingga responden STK menjadi sub-sampel dari Sakernas khususnya di daerah perkotaan. Pemilihan sampel dilakukan secara panel antartriwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antarwaktu. Dengan adanya perluasan sampel, nilai ITK dapat disajikan sampai level provinsi. Upaya ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan data yang semakin beragam hingga tingkat regional (spasial antarprovinsi).

B. Kondisi Ekonomi Konsumen DIY Selama Triwulan II-2014
  •  Nilai Indeks Tendensi Konsumen (ITK) DIY pada triwulan II 2014 tercatat sebesar 114,56; artinya kondisi ekonomi konsumen berada pada taraf optimis, meskipun tingkat optimismenya lebih rendah dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (nilai indeks sebesar 118,18). Optimisme konsumen selama triwulan II didorong oleh peningkatan semua indeks penyusunnya. Indeks pengaruh inflasi terhadap konsumsi makanan dan nonmakanan (121,83) memberi pengaruh terbesar, akibat rendahnya inflasi yang terjadi selama triwulan ini. Sementara, indeks pendapatan rumah tangga terkini dan indeks konsumsi makanan dan nonmakanan juga memberi pengaruh positif dengan nilai indeks masing-masing sebesar 113,01 dan 109,13.
C. Perkiraan Ekonomi Konsumen DIY Selama Triwulan III-2014
  •  Nilai ITK DIY pada Triwulan III 2014 diperkirakan sebesar 119,34; artinya kondisi ekonomi konsumen diperkirakan meningkat dengan tingkat optimisme yang lebih tinggi dibandingkan dengan Triwulan II 2014. Momentum pergantian tahun ajaran baru, liburan sekolah, puasa Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri yang terjadi selama triwulan III memberi pengaruh positif terhadap optimism konsumen.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat  Statistik Kota Yogyakarta (Statistics of Yogyakarta Municipality)Jl. Brigjen Katamso Komplek THR Yogyakarta

Telp (62-274) 387752

 Faks (62-274) 387753

Mailbox : bps3471@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik