Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kota Yogyakarta 2021
Nomor Katalog : 1399013.3471
Nomor Publikasi : 34710.2120
ISSN / ISBN : 978-602-1017-45-6
Tanggal Rilis : 2021-12-23
Ukuran File : 7.11 MB
Abstraksi
Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengatur
bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik berkewajiban untuk melaksanakan
evaluasi terhadap kinerja pelaksana pelayanan publik. Salah satu bentuk
evaluasi ini diwujudkan melalui penyelenggaraan Survei Kepuasan Masyarakat
(SKM) sebagaimana yang diatur dalam PermenpanRB Nomor 14 Tahun 2017. Badan
Pusat Statistik (BPS), sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik yang menyediakan data dan informasi statistik, senantiasa selalu berusaha memberikan pelayanan prima kepada konsumen. BPS telah menyelenggarakan SKM secara rutin
tiap tahun yang diintegrasikan ke dalam Survei Kebutuhan Data (SKD). Survei ini
selain bertujuan untuk mendapatkan persepsi kepuasan konsumen terhadap
pelayanan data BPS, juga bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan data dan
persepsi kepuasan konsumen terhadap kualitas data yang dihasilkan BPS.
Pada tahun 2021, BPS
Kota Yogyakarta melaksanakan SKD dengan target responden sebanyak 30 responden
selama Bulan Maret sampai dengan Agustus 2021. Hasil dari pelaksanaan SKD 2021 salah satunya
disajikan dalam publikasi dengan judul “Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data
BPS Kota Yogyakarta 2021” sebagai bentuk laporan dari penyelenggaraan SKD.
Publikasi ini memberikan penjelasan secara deskriptif mengenai performa unit
layanan, perilaku anti korupsi, kebutuhan data, serta kepuasan konsumen
terhadap kualitas data BPS. Penyajian data ditampilkan dalam bentuk tabel,
grafik, dan infografis. Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan Indeks Persepsi Anti
Korupsi (IPAK) merupakan indikator utama yang disajikan